Cireng Sayur Krispi

Cireng Sayur

Cireng krispi aroma bawang yang pernah saya santap rasanya “nagiiih” apalagi dicocol dengan bumbu rujak, hmmm.…nikmaaat. Asli ketagihan. Waktu itu saya beli di bazar sekolah TK anak saya. Seorang wali murid menjualnya dengan harga 17.500 rupiah/pak isi 20. “Wow, mahal ya Bun”, komentar saya saat itu. Tetapi karena tergiur ingin mencicipinya akhirnya saya beli juga.

Kalau ketagihan seperti ini, bisa boros. Harus keluar uang 17.500 rupiah hanya untuk cireng, hadeuuuh.

Semangaaat! Saya harus bisa membuatnya sendiri. Bukankah membuat cireng itu mudah? Dari namanya aja “cireng”, aci digoreng. Pasti bahan dan cara membuatnya sederhana saja. Dan lebih yakin tanpa vetsin kalau membuatnya sendiri. Saya coba googling dan mendapatkan resep cireng tanpa isi. Lalu saya praktekan. Hasilnya? Sukseees membuat cireng keras. Untung ada bumbu rujak jadi lumayan enak, walau keras tapi masih bisa digigit dan dikunyah.

Keesokan harinya saya buat lagi dengan ide resep yang sama tetapi saya modifikasi. Saya ganti airnya dengan air kaldu ikan mendidih. Hasilnya? Sukseees, tidak lagi keras, luarnya krispi dalamnya empuk. Nikmaaat dicocol bumbu rujak.

Berikutnya, saya buat lagi dengan hasil yang sama.

Nah, mumpung ada PR dari grup masak dengan tema “Sayur Sembunyi”, maka saya buat cireng lagi dengan resep yang berbeda. Resep yang ini hasil dari pengalaman sebelumnya ditambah ide-ide baru saya. Jadilah resep Cireng Sayur Krispi sebagai berikut.

Bahan

  • 15 sdm aci (tapioka)
  • 3 sdm terigu
  • 180ml air kaldu ikan mendidih (air mendidih)
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 1/4 sdt merica (secukupnya)
  • 1 siung bawang putih, parut halus
  • 1 batang daun bawang, iris
  • 1 batang seledri, iris
  • 3-5 lembar daun sawi (secukupnya), iris
  • 1-2 sdm tapioka

Cara Membuatnya

  1. Campurkan tapioka, garam, gula, merica.
  2. Didihkan air (kaldu ikan).
  3. Tuang ke campuran tapioka, aduk.
  4. Tambahkan terigu, aduk rata.
  5. Tambahkan bawang putih, daun bawang, seledri dan sawi, aduk rata.
  6. Siapkan wadah lain, tuang tapioka.
  7. Ambil 1/2 sdm adonan (sesuai selera besarnya), jatuhkan di atas tepung, gulingkan, pipihkan dengan cara ditarik-tarik ke pinggir menjadi bentuk bulat pipih. Lakukan sampai adonan habis.
  8. Panaskan minyak, goreng hingga garing dengan api sedang.

Untuk bumbu rujak bisa dibuat sebelumnya.

  • Bahannya: gula merah, asam, cabe rawit, garam, air, terasi (jika suka), larutan maizena (air dan maizena untuk sedikit mengentalkan)
  • Caranya: Rebus semua bahan, sampai mendidih dan gula larut, tuang larutan maizena sedikit aja, aduk, sehingga menjadi kuah yang sedikit kental (tidak terlalu cair).

Akhirnya, saya bisa membuat cireng krispi bumbu rujak sendiri dengan tambahan sayuran. Rasanyaaa? krispiii luarnya, gurih walau tanpa vetsin. Suami dan anak ketagihan, termasuk saya tentunya. Sampai “ludes” tak bersisa.

Alhamdulillaah ^__^

***Rahasia krispinya: adanya campuran terigu dan balutan tepung tapioka sebelum digorengnya.

Ssst…kalau “copas” resep ini, jangan lupa cantumkan sumber resepnya ya ^__^

 

 

 

17 thoughts on “Cireng Sayur Krispi

  1. sy pake tulang ikan direbus. dagingnya wkt itu dibuat bakso.
    pake kaldu ayam bisa.
    sy pake kaldu itu biar ada gurihnya tanpa vetsin.

  2. Mohon maaf ya, ada bahan yg gak ketulis: bawang putih.
    Tapi skrg sudah di edit resepnya.

  3. Pingback: Cireng Sayur Krispi | mspitchperfect

  4. Assalamualaikum mb.. Salam kenal izin copy ya di notes aku.. Aku mau jg coba buat resepnya.. Jazakallah..

Leave a Reply

