Donat Wortel Bergizi

Donat Wortel

Donat Wortel tidak kalah enaknya dengan donat biasa pada umumnya. Bahkan donat ini lebih bernilai gizi daripada donat biasa. Nilai gizinya diperoleh dari wortel yang dicampurkan ke dalam adonan.Sehingga sangat cocok untuk camilan anak-anak, terutama.

Donat Wortel ini saya buat dalam rangka mengerjakan PR grup masak Dapur Aisyah bulan Maret 2014 dengan tema “Sayuran Sembunyi”

Donat wortel bukan baru kali ini saja saya membuatnya.Sebelumnya saya pernah membuatnya dengan resep yang berbeda. Namun kali ini, saya memakai resep Donat Wortel Chef Farah Quinn dengan sedikit saya modifikasi menjadi seperti berikut ini.

Bahan
350g terigu
50g gula pasir (aslinya 25g, sengaja saya tambahkan karena tanpa topping manis spt DCC)
2 sdt ragi instan
1 butir telur
35 ml minyak (aslinya 35g butter)
1 saset susu bubuk (aslinya 15g)
100g wortel
100ml air
3/4 sdt garam (aslinya lupa berapa gram)

Cara Membuat
1. Wortel dan air dibuat jus.
2. Tuang ke dalam wadah.
3. Masukkan terigu, susu, ragi, gula, telur, aduk rata.
4. Tambahkan minyak dan garam, uleni sampai kalis.
5. Bulatkan adonan simpan dalam wadah, tutup lap bersih dan lembab. Diamkan 30 menit.
6. Adonan yang sudah naik, kempiskan dengan cara ditinju.
7. Ambil adonan sebagian, tipiskan 1-2cm, cetak bulat.
8. Goreng dengan api kecil-sedang.

Donat Wortel siap dinikmati sebagai camilan bergizi.

Donat bukan lagi disebut makanan “gizi nol” jika ditambahkan dengan sayuran, umbi-umbian dan bahan pangan berserat lainnya.

Leave a Reply

