Bakpao Ubi Ungu, Camilan Kaya Antioksidan

Bakpao ubi ungu

Tulisan saya kali ini bukan membahas resep ubi ungu tetapi mengenai manfaat ubi ungu dan olahannya.

Warna ungu pekat pada ubi ungu (Ipomoea batatas poiret) yang cantik selalu membuat saya terpikat untuk membelinya. Mengapa? Bukan sebatas karena tampilannya saja tetapi juga karena kandungan di dalamnya yang luar biasa. Kecantikan warna ungunya menandakan bahwa ubi ungu kaya akan pigmen antosianin yang bersifat antioksidan, sehingga sangat bermanfaat bagi tubuh diantaranya adalah sebagai antikanker.

Ubi ungu bukan saja kaya akan pigmen antosianin, tetapi juga selenium yang sama bermanfaatnya bagi tubuh yaitu sebagai antikanker. Ditambah berbagai macam vitamin dan mineral seperti betakaroten, vitamin A, vitamin C, vitamin B1, zat besi, kalsium, lemak, protein, serat kasar, fosfor, dan riboflavin uga turut memperkaya nutrisi dalam ubi ungu.

Ubi ungu yang kaya antioksidan ini harganya sangat terjangkau, hal ini menambah keterpikatan saya untuk membelinya. Biasanya saya olah dengan cara dikukus saja atau dibuat cake, bakpao, roti dan lain-lain.
Jika anak-anak saya yang masih balita menyantap olahan ubi ungu ini, membuat saya tidak khawatir lagi jika mereka sedang tidak mau/hanya sedikit makan nasi. Betapa tidak? Ubi ungu pun sama-sama sumber karbohidrat seperti nasi bahkan bukankah lebih kaya nutrisinya dibanding nasi?

Leave a Reply

