Bubur Sup Ayam

BuburSupPzTahukah apa yang membuat saya tertarik makan bubur ayam?

Saya tertarik makan bubur ayam jika tercium aroma merica bubuk dari bubur ayam itu. Hmmm, walau belum menyentuh lidah tetapi sudah bisa membayangkan kalau bubur ayam itu rasanya guriiih.

Dulu, saat saya masih usia sekolah, sering membeli bubur ayam dari pedagang keliling yang lewat depan rumah. Bubur ayamnya ditaburi merica setelah ditaruh di mangkuk. Dan rasa bubur ayamnya gurih walau saya tidak yakin buburnya tanpa MSG. Namun yang membuat saya menikmati bubur itu adalah karena ada aroma merica bubuknya. Sejak itulah saya menyukai bubur ayam jika tercium aroma merica bubuk.

Tetapi, bubur ayam keliling di daerah tempat saya merantau sekarang ini, tidak seperti bubur ayam di kota saya tinggal dulu. Di sini bubur ayam diberi bumbu kuning seperti kuah kari tetapi itu pun tidak semua beraroma kari. Dan di sini, buburnya tidak ditaburi merica bubuk. Jadi aromanya kurang sedap.

Ya, merica memang termasuk bumbu masak yang bisa menambah rasa dan aroma gurih masakan, walau sebenarnya rasa merica sendiri adalah pedas ya.

Nah, mumpung ada kesempatan membuat bubur ayam sendiri, maka saya tambahkan merica bubuk secukupnya sampai tercium aromanya agar tambah sedaaap.  ^__^

Bubur ayam ini diberi wortel dan buncis yang biasanya sebagai bahan membuat sup. Sehingga disebut Bubur Sup Ayam. Idenya dari resep Bubur Sup Pak Wied Harry Apriadji dalam bukunya “Buku Pintar Menu Balita 30 Hari”. Lalu resepnya saya modifikasi menjadi seperti ini:

Bahan

1 potong dada ayam

2 buah ceker ayam (optional)

2 centong nasi

1 buah wortel, potong kecil

3 buah buncis, potong kecil

1 siung bawang putih, geprek

1 helai daun bawang, iris

1 batang seledri, iris

garam

500 ml air

Cara

1. Rebus ayam dalam 500 ml air sampai setengah matang.

2. Sambil nunggu ayam, goreng bawang putih sampai harum.

3. Masukkan bawang putih goreng dalam rebusan ayam.

4. Masukkan nasi dan wortel masak sambil diaduk.

5. Masukkan buncis, daun bawang dan seledri, garam dan merica secukupnya.

6. Masak sampai bubur mengental.

7. Angkat dada ayam, suwir-suwir.

8. Angkat bubur, sajikan dalam mangkuk, taburi ayam suwir.

Leave a Reply

