Bronis Aduk-Aduk

Bronis AdukBronis Aduk-aduk ini adalah brownies yang dibuat tanpa menggunakan mixer. Adonan hanya diaduk secara manual. Sehingga teksturnya bukan tekstur brownies sponge cake yang sedang populer saai ini melainkan tekstur asli brownies yaitu padat.

Walaupun teksturnya padat, brownies ini padat juga nutrisinya dibanding brownies pada umumnya yang dominan tepung terigu, lemak dan gula. Ya, brownies ini lebih sehat dan bernutrisi karena penambahan bahan-bahan seperti kacang dan pure buah.

Walaupun teksturnya padat, brownies ini tetap nikmat rasanya apalagi cokelat yang digunakan adalah cokelat bubuk (kakao) yang memiliki rasa khas coklelat murni. Dan lebih nikmat lagi disantap dingin setelah menginap semalam dalam kulkas karena browniesnya menjadi lebih lembab. Hmmm….

Uniknya brownies ini adalah tanpa minyak atau margarin. Sumber lemaknya diperoleh dari kacang-kacangan atau avokad yang ditambahkan ke dalam adonan. Dan juga menggunakan tepung gluten free

Nah, dalam pemanggangan, berhubung oven saya sudah dikemas karena akan pindah rumah jadi saya panggang dalam rice cooker. Panci rice cooker yg besar dan adonan sedikit menjadikan browniesnya tipis. Sehingga waktu pemanggangan pun harus dikurangi waktunya agar brownies tidak kering.

Bronis Aduk-Aduk ini saya buat dalam rangka mengikuti tantangan dari Grup FB *Wied Harry* Kuliner-Enak-Sehat-Alami yaitu mempraktekkan resep Bronis Aduk-Aduk dari grup tersebut.

Ini resepnya.

Bahan I (campur rata):
1/2 cup cokelat bubuk
1/2 cup tepung mocaf (saya ganti dengan tepung campur)
1/2 cup gula palem
1/2 cup kacang mete/kacang tanah cincang
1 sdt garam

Bahan II: aduk rata
1/2 cup pure buah: pisang lumat, avokad lumat
2 butir telur

1. Panaskan oven 180 oC. Olesi loyang 20×20 cm dengan minyak goreng kelapa, alasi kertas roti. (saya pakai rice cooker)
2. Tuang bahan II ke dalam bahan I, aduk hingga rata. Tuang ke dalam loyang, ratakan dengan spatula.
3. Panggang dalam oven 20-25 menit (dalam rice cooker cukup 15-20 menit)hingga kue masak tapi bagian tengahnya masih basah/lembap, angkat. Sisihkan hingga kue dingin dan bagian tengahnya masak oleh sisa panas pemasakan. Potong-potong.

5 thoughts on “Bronis Aduk-Aduk

  1. Kalo pake ricecooker juga harus pake kertas roti ga mbak?trus 1 cup kira2 berapa gram/sdm?
    Kacang tanahnya mentah/digoreng dulu?
    Oia tepung campurnya apa aja?
    Maaf bnyak nanya🙂
    terima kasih.

  2. Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar bunda Yuliani Rosyadi ^__^
    -Lebih amannya sih tetep pake kertas roti atau margarin-tepung krn walaupun pancinya teflon kadang ada yg lengket juga.
    -Pake takaran beras rice cooker bun, punya kan? Takar bahan2nya setengah cup. 1 cup kurleb 16 tbsp (sendok makan peres).
    -Kacang mentah
    Tepung campur: tepung beras:Kanji:maizena=7:2:1 misal 70g : 20g : 10g campur rata. Lalu takar 1/2 cup.

  3. Bu,klu pake rice cooker hrs dpanasin dulu ga ? trus utk olesan loyang apa bleh pake minyak sayur biasa, makasih🙂

  4. 1 lg Bu,apa gula palemnya bisa diganti dgn yg lain (aren,kelapa /merah) ?
    makasih ya Bu…, maaf bertele” (bru bljr bikin camilan yg lbh sehat)🙂

  5. Maaf baru dibalas bu rifras fransiska.
    Rice cookernya dipanaskan dulu.
    Boleh pake minyak sayur biasa.
    Bisa pake gula aren, tapi sepertinya sulit tercampur rata krn tidak spt gula palem yg spt pasir. Kalau gula merah dihaluskan pun biasanya jd menggumpal. Atau mungkin dilumatkan bersama pisang/alpukatnya ya. Dicoba aja.
    Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar ^__^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s