Pizza Chicken Yakiniku

pizap.com13672790057961

Saya coba bereksperimen lagi di “laboratorium” dapur. Kali ini membuat pizza dengan toping yang tidak seperti biasanya. Dan dipanggang bukan di dalam oven melainkan di dalam rice cooker.

Yup, Pizza Chicken Yakiniku seperti yang terlihat dalam foto.

Kulit pizzanya, saya pakai resep yang pernah dipakai juga saat membuat My Green Pizza. Yaitu resep Pizza Hut dari goodresep.blogspot.com. Tetapi saya ganti 250g air hangat dengan 250ml jus wortel. Hmmm, menjadikan kulit pizzanya kaya serat dan betakaroten ya.

Bahan Kulit Pizza

 

  • Tepung terigu protein sedang, 500 gram
  • Garam, 1/2 sendok teh
  • Minyak Zaitun, 2 sendok makan (saya pakai minyak goreng)
  • Ragi instan, 1 sendok
  • Air hangat, 250 gram (saya pakai 250ml jus wortel)

Untuk Chicken Yakiniku saya pakai resep dari sajiansedap.com dan seperti biasa saya modifikasi menjadi seperti berikut ini.

Bahan Chicken Yakiniku

Sepotong ayam fillet, dipotong kotak
1/2 buah bawang bombay, diiris panjang
1/4 buah paprika hijau, dipotong kotak
1 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan Saus (aduk Rata):
1 sendok makan kecap manis
1 cm jahe, dicincang halus
1 sendok teh gula pasir
1 siung bawang putih, diparut
50 ml air

Cara Membuat Chicken Yakiniku :

  1. Panaskan minyak. Tumis bawang bombay dan paprika hijau sampai harum.
  2. Tambahkan ayam. Aduk sampai berubah warna.
  3. Tuang saus. Masak sampai matang dan meresap

Cara Membuat Kulit Pizza

Saya modifikasi cara memasaknya.

  1. Ayak Tepung terigu, lalu campurkan dengan garam dan ragi instan
  2. Masukkan jus wortel dan minyak sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis.
  3. Diamkan adonan sekitar 15 menit. Giling lalu masukkan dalam panci rice cooker yang telah dioles minyak dan sudah dipanaskan.
  4. Tekan-tekan bagian tengahnya agar membentuk cekungan sebagai tempat topingnya nanti.
  5. Masak sampai matang
  6. Tambahkan toping Chicken Yakiniku dan tambahkan brokoli yang sudah di blansir.
  7. Panggang lagi sebentar (lebih kurang 10 menit)

Nah, jadilah Pizza Chicken Yakiniku seperti dalam foto di atas.

3 thoughts on “Pizza Chicken Yakiniku

  1. assalamualaikum,mo nanya klo masak pizza gk pake oven bisa gak ya,misalnya pk happy call?

  2. Wa’alaikumussalam,
    Terima kasih Bunda Hanna sudah berkunjung dan berkomentar.
    Masak pizza bisa gak pake oven, biasanya gantinya pake wajan. Tetapi saya sendiri pake rice cooker ternyata bisa juga. Nah, walau saya belum pernah pake happycall, tapi saya pikir bisa banget masak pizza pake happycall ^__^

Leave a Reply

