Brownies Mekar

pizap.com13554901991251B

Baru kali ini ngocok telur pakai tambahan pengembang sintetis SP ternyata memang adonan jadi cepat mengental dan putih tidak sampai 5 menit, wah pantas saja banyak resep cake/bolu yang menggunakan bahan pengembang/pelembut sintetis ini, hmmm….

Sebenarnya saya lebih suka membuat cake tanpa bahan pengembang sintetis, menurut saya rasanya lebih enak di lidah dan di hati (hahay lebay). Tapi, mau bagaimana lagi, kalau membuat bolkus mekar memang “wajib” pakai bahan pengembang biar bisa “ngakak”. Tidak apa-apalah ini kan untuk tambahan pengalaman saya membuat bolkus mekar, sekali-kali “nakal” he..he.

Ini juga saya buat dalam rangka mengerjakan PR dari Grup FB Dapur Aisyah.

Yuk intip resepnya!

Bahan

1 butir telur

75g gula pasir (jika suka manis legit gunakan 100-125g)

1/2sdt SP

100g tepung terigu

125ml susu cair

25g coklat bubuk (saya rasa kurang browny sih)

1/4sdt garam

1/8sdt soda kue (duuh “nakal” lagi nih)

Cara

1. Kocok telur, gula & SP sampai putih dan kental.

2. Tambahkan tepung, garam dan cokelat bubuk sedikit-sedikit bergantian dengan susu, kocok terus sampai bertambah kental.

3. Tambahkan soda kue, aduk rata.

4. Tuang dalam loyang bolu mini/cetakan pie yang sudah diolesi minyak dan ditaburi terigu.

5. Kukus selama 30 menit untuk loyang bolu mini dan 15 menit untuk cetakan pie.

***Saya menambahkan 1/8sdt soda kue karena masih ada kekhawatiran bolkusnya tidak bisa “ngakak” mengingat adonannya saya kocok dengan whisk yang memungkinkan adonannya tidak sekental jika menggunakan mixer.

Leave a Reply

