Optimis! Karena Setiap Bayi Itu Unik

Zain, akhirnya kamu bisa bangun sendiri, Nak. Alhamdulillaah, senangnya…. hati ummi. Sudah sejak usiamu 3 bulan, ummi menantikan kapan kamu bisa tengkurap lalu bangun sendiri dari posisi berbaringmu seperti ini. Ummi menantikannya dengan berkeyakinan pasti suatu saat kamu bisa melakukannya. Kamu pasti bisa, Nak!

Dulu, sampai usiamu 5 bulan kamu masih belum mau tengkurap , kecuali hanya posisi miring hampir  tengkurap tapi  dengan cepat kamu ubah posisimu menjadi berbaring lagi. Sering ummi ajarkan tapi kamu malah menangis tidak mau tengkurap. Sampai ummi berpikir kamu tidak suka tengkurap. Ya sudahlah, ummi tidak mau memaksa kalau kamu tidak mau tengkurap saat itu. Tapi ummi yakin suatu saat kamu pasti bisa. Insya Allah.

Ummi yakin kamu tidak mau tengkurap bukan karena fisikmu lemah. Walau kamu termasuk bayi bertubuh ramping  tapi tenagamu kencang sekali. Buktinya, kamu suka menghentak-hentakkan kaki ke kasur dalam posisi berbaring sampai tubuhmu sedikit terangkat-angkat dan kamu pun tertawa riang. Ummi sampai heran, kecil-kecil tapi tenagamu kuat. Maasyaa Allaah.

Karena kamu belum mau tengkurap saat itu padahal usiamu menjelang masuk ke masa MPASI maka langsung saja ummi ajarkan kamu duduk. Kamu harus belajar duduk karena nanti kalau kamu makan harus dalam posisi duduk. Tidak apalah tahap tengkurap di lompati dulu, langsung belajar duduk saja.

Kalau ummi ingat kakakmu, Naura, di usia 2,5 bulan dia sudah bisa tengkurap dan di usia 10,5 bulan sudah bisa melangkah sendiri. Tapi ummi sadar, tidak baik membanding-bandingkan kamu dengan kakakmu atau dengan bayi siapa pun karena setiap anak itu unik, termasuk kamu. Uniknya kamu adalah tidak suka tengkurap di usia yang umumnya bayi-bayi lain tengkurap dan kamu memilih untuk duduk terlebih dahulu daripada tengkurap. Sungguh unik!

Ketika ummi ajari kamu duduk, kamu cepat bisa, Nak. Sehingga saat MPASI tiba kamu sudah bisa makan dalam posisi duduk. Masuk pekan ke-2  MPASI, ummi ajari kamu memegang makanan sendiri, ummi beri kamu buah potong yang empuk atau jika daging buahnya keras ummi kukus terlebih dahulu agar bisa dikunyah dengan gusimu. Ini pun kamu cepat bisa, Nak. Sehingga pada usia 7 bulan kamu sudah pandai makan sendiri makanan dalam bentuk finger food.

Terkadang rasa galau menghampiri, “Kapan kamu tengkurap dan merangkak lalu bangun  sendiri dan duduk, Nak?”.  Ada kekhawatiran tumbuh kembangmu tidak normal. Tapi ummi langsung usir saja si galau itu. Husssh….pergi jauh! Lebih baik ummi berdo’a saja, “Ya Rabbi, normalkan tumbuh kembang Zain.” Sambil mengembalikan rasa optimis bahwa kamu adalah bayi yang sehat dan cerdas dan pada saatnya kamu bisa bangun sendiri.

Kamu sudah bisa duduk dengan baik pada usia 7 bulan, tapi masih dibantu saat bangunnya, belum bisa bangun sendiri dari posisi berbaring karena belum juga mau tengkurap apalagi merangkak. Bagaimana mau merangkak, tengkurap saja kamu belum mau padahal untuk bisa merangkak itu kamu harus pandai tengkurap terlebih dahulu. Ummi jadi berpikir apa kamu termasuk anak yang tidak melalui tahap merangkak ya? Bukankah kalau bayi yang tidak merangkak biasanya dia ngesot?

Ya, dugaan ummi benar. Menjelang  usiamu 11 bulan kamu memberi ummi kejutan, kamu bisa ngesot jauh, Nak. Ummi perhatikan kamu bisa ngesot dari ruang  tengah sampai ke dapur padahal saat itu kamu baru bisa ngesot lho, tapi sudah kuat jauh. Lalu, sepekan setelah itu kamu memberi kejutan lagi, tiba-tiba kamu bisa merambat, berdiri sendiri dengan berpegangan kemudian berjalan merambat dengan berpegangan.

Dan akhirnya, kamu bisa bangun sendiri  dari posisi berbaringmu di usia 13 bulan setelah beberapa hari sebelumnya ummi ajarkan caranya. Dan caramu bangun sama persis seperti yang ummi ajarkan. Luar biasa, kamu sudah paham instruksi rupanya, Nak. Alhamdulillah, ummi pun bertepuk tangan sambil “horeee” kamu sudah bisa bangun sendiri. Dan lagi-lagi kamu tiru apa yang ummi lakukan, setiap kamu bangun langsung tertawa memperlihatkan 4 giginya dan bertepuk tangan. Mmmuah…Sun sayaaa…ng

105 thoughts on “Optimis! Karena Setiap Bayi Itu Unik

  1. setiap anak memang beda2 mbak.. anak pertama sy mulai jalan umur 9 bulan, kalo adiknya malah 1,5 tahun.. Pokoknya tiap perkembangan beda2 deh. Yg penting tetep semangat ya🙂

  2. Yup, setelah punya 2 anak jadi bisa merasakan perbedaan tahap perkembangannya. Dan akhirnya Zain-ku selesai melalui tahapannya di umur 1th 3bln, dari tengkurap sampai jalan sendiri sudah bisa .
    Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya, Mbak Myra Anastasia ^__^

  3. Skrg giliran saya yg hrs sabar menanti.. Anakku uda 5 bln jg blm bs tengkurap sendiri.. Kl miring2, ujung2rnya pasti lsg berbaring lg.. Akhirnya aku bantu tengkurapin,dan sdh lancar angkat kepala.. Mlh sll minta di dudukan dgn kepala yg sudah kuat terangkat tegak… Aku yakin anakku jg pasti nanti bs tengkurap sendiri.. Amiinnnn…🙂
    Thx sharingnya.. Saya jd semangat lg.. Tdnya uda cemas bgt.. Maklum, soalnya byk yg nanya2 soal baby ku napa blm bs tengkurap.. Bikin aku jd stress.. Skrg aku jd lega..😀

  4. mbak, anak saya usia 5 bulan 8 hari, juga sama seperti zain.. terima kasih untuk bloknya menguatkan saya dan tetap optimis.. Tuhan memberkati keluarga mbak

  5. Ummu Zain,,,ceritanya hampir mirip sama baby-ku, dia usia 5 bulan 10 hari bb 6,5 kg (tdk naik bb-nya bln ini krn alhamdulillah dah kuat diajak puasa romadhon), tak suka tengkurep, tp dah minta di ‘tetah’. Kaki2nya sudah kuat. tp ya itu,,males tengkurep. tp sy tak khawatir, krn sy yakin dia suatu saat pasti bisa (insyaAllah). dia pintar dalam banyak hal di samping itu.

  6. sekarang zain gmn mba?tengkurapnya mulai kapan? ceritanya persis babyku, 5 bulan blm mau tengkurap, tapi baliknya udah bisa
    baca ini jadi optimis, Insya Allah babyku normal
    krn kulihat dia cpt bgt nangkap, 2 bulan diajarin melet dia ngikutin, skr diajaran brdecak dia jg ngikutin, cpt bgt nangkap

  7. anak saya 6bulan belum tengkurap juga bunda,, baru miring2… apakah anak yang idak melalui tahapan tengkurap ada pengaruh ke depannya bunda?

  8. Masya Allaah, banyak bunda2 yg berkunjung nih, maaf baru menyapa. Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ^__^
    *spark-eye lens: Alhamdulillaah, skrg bunda tak cemas lagi.
    *theresia: aamiin, yup tetep optimis Bunda.
    *risa: zain tengkurap sendiri umur 13bln, sekarang 22bln dah bisa lari bunda, cepat menguasai kosa kata dan lebih fasih dibanding kakaknya. Klo kakaknya (perempuan) dulu lebih cepat tengkurap 2,5bln, jalan 10,5bln. Setiap anak punya keunikan masing2.
    *Menurut sy bukan tidak melalui tahap tengkurap, tapi belum waktunya aja, suatu saat nanti pasti bisa insya Allah. Walau zain tahapannya tidak sbgmn umumnya: miring-tengkurap-duduk-merangkak melainkan setelah dia bisa duduk baru tengkurap sendiri tumbuh kembangnya normal2 aja.

  9. Pingback: Thole, koe pengen dolanan opo to? | Life is Beautiful

  10. Bun, babyku udah mao 4 bulan tgl 6 okt besok..tp blm bs tengkurap..pdhl dia tergolong Ъќ gendut..bb cm 6,3 kg..pas dulu lahir bb 2,6 kg. Skg baru bisa miring2, n kaki udh di posisi tengkurep..tinggal kepalanya aja yg blm bs..kdg hrus dibantu tangannya ak pegangin biar kepalanya bs ke posisi tengkurep..baru bisa..tiap hari liat tingkah lucunya seneng bgt, tp trsbesit rs takut krn blm bs tengkurep sendiri..sjak baca blog ini ak jd mrsa Ъќ cm anakku aja yg gt..aku yakiinn psti suatu hari nanti bisa.. آَمِيّـٍـِـنْ يَآرَبْ آلٌعَآلَمِِيِ

  11. Terima kasih bunda desy sudah berkunjung dan membaca tulisan saya ini.
    Insya Allah, sebentar lagi baby bunda akan tengkurap, jika bayinya mau dilatih terus saja. ^_^

  12. anak saya Eza usianya 4,5 bln lebih,bln lalu beratnya 6.9 kg juga blm bs tengkurep sndiri tapi uda bs angkat kepala tinggi kalo di dudukin dan ditengkurepin. Saya ga sabar pngen Eza bs tengkurep sendiri, dia kalo bobo uda bs miring2 tp kadang kmbali ke posisi terlentang lg.pernah tengkurep sendiri pas bangun tidur tapi karna masi lemes,dia mewek.alhamdulillaah trnyata bunda2 jg punya masalah yg sama ya jd lega. Mudah2an Eza bs cpt tengkurep,berangkang,duduk sendiri,lalu berjalan aamiin…

  13. sekarang saya jg sedang menantikan anak k2 saya Naya, sampai umur 11bulan dia blm mau du2k sendiri…
    gigi’y jg baru mau tumbuh tp dia sdh pintar sekali mengunyah makanan…
    dia jg ga mngalami fase merangkak tp masya Allah, klo ngesot dia cepat skali..
    dan skrg dia jg sdg blajar untuk rambatan, mdh2an kamu cpt bs ya nak? ibu akn sabar menunggu kamu sampai bisa…
    terkadang rasa khawatir sering muncul, mengingat dlu prkembangan kakak’y sangat cpt, pd umur 10bulan sdh pandai berjalan… tp sya sllu brusaha untuk brfikiran positif, krn stiap anak tumbuh kembang’y berbeda-beda…
    ya itu tadi, setiap anak itu UNIK ^^, ya kan bun???

  14. Alhamdulillah sy optimis lagi stlh mmbca blog ummi zain ini,,,sblm’a sy khwtir sekli,,ank sy Faiq udh 4,5 bln brt bdannya wkt 4 bln 7kg tp blm bs tgkurap,klau miring pun blik lagi,,prnh sy dan suami mlatih dy, dy bisa dr posisi telentang ke tengkurap,tpi klu tdk dbntu sdkit2 dy blum bisa,,sy tkt klu tmbuh kembangnya tdk nrmal spti bayi2 lain,,Faiq jg hmpr sama tgkhnya spti Zain,,kaki & tangannya kuat sekali kalau dihentak2kan,,aplgi klu dksh mainan atau barang2 appun maunya dy aj yg megang g blh dbntu,,hehe lucu mlht tgkhnya,,,trmksh y ummi zain,,sy bs optimis lgi,,mklum ank pertama jd sy blm ad pngalaman

  15. Bunda Wulan & Bunda Dina, saya ucapkan terima kasih atas kunjungan dan komentarnya. Alhamdulillah, kalau tulisan ini bermanfaat bagi bunda2. Semoga anak2 kita tumbuh sehat dan cerdas ya ^__^

  16. Makasih ummi zaen atas tulisanny,saya jd optimis bahwa anakQ akan mampu berjalan pada waktunya.saat ini usia anakQ 6bln,menunggu saat2 dy dduk dan merangkak tp kl melihat anak tetangga yg sdh mahir dan hmpr merangkak diusia yg sama,aq jd khawatir apakah perkembngn babyQ yg krg standar apa babynya tetangga yg Trlalu cepat.tp trnyata dg tulisan ummi,kekhawatirnku hilang.aq akan tgg tahapan perkembangan

  17. Bunda Nurul: Terima kaih juga telah membaca tulisan sy ini.
    Setiap anak itu berbeda tahap perkembangannya, bahkan adik-kakak pun berbeda. Puteri pertama sy umur 6bln bahkan sudah berdiri sendiri dgn berpegangan karenanya umur sgitu sdh kami “titah” berjalan krn keinginan bayinya kuat utk sgera berjalan. Adiknya, laki2 umur 6bln duduk pun masih di topang belakangnya, tapi dia “jago” makan sendiri (bisa memegang makanan sendiri dan memasukkan ke dalam mulutnya sendiri, lalu dgn lahapnya ia kunyah, nyam..nyam…).
    Sekarang umurnya sudah 4th & 2th, keduanya alhamdulillah normal2 aja walau saat bayinya sang kakak seperti “kecepetan bgt” & sang adik seperti “lambaaat bgt”.
    Saya ikut senang, Bunda Nurul sdh bisa menghilangkan ke khawatiran ttg tumbang anaknya, semoga anaknya tumbuh sehat & cerdas ya ^__^

  18. Terimakasih umi zain atas artikel nya, yang buat saya semangat lagi. Anak saya annisa usia 4m7d tp belum bisa miring dan tengkurep. Seneng nya didudukin, kalau di tidurin di bantal yang agak tinggi, annisa selalu ingin bangun dr posisi terlentang ke duduk. Saya sering kwatir dan bikin jadi sedih karena belum bisa tengkurep. Tp setelah menbaca artikel ini jadi semangat dan yakin annisa pasti bisa berkembang dengan baik. Minta doa biar annisa tumbuh kembang dg baik

  19. Terima kasih juga Umi Annisa sudah berkunjung dan berkomentar.
    Insya Allah anak Umi Annisa tumbuh sehat dan cerdas ya ^__^

  20. wahh…senang menemukan blog ini. Denger cerita ummi zein saya jd lbh tenang. Anak saya Aga, skarang sudah 9bln. Dulu saya juga menantikan saat-saat dia tengkurap. Katanya fase ini tidak bisa dilalui karena jadi cikal bakal untuk duduk dan berdiri. Sampai akhirnya Aga bisa tengkurap umur 4,5 bulan. Tapi baru bisa balik telentang sendiri dari tengkurap agak lama yaitu 7bulan. Dia langsung berguling kanan kiri. Tapi setelah itu sudah, Dia nggak suka tengkurep lagi. Kalo dipancing mainan aja dia mau tengkurep. KAdang juga mainannya dicuekin. Kalo yang lain suka guling-guling Aga sepertinya lebih suka telentang.aja. Kalo didudukkan di boucher dia sudah pengen maju2 buat duduk tegak. Tapi sampai umur 7,5bln masih belum stabil kalo didudukkan jadi harus disandarkan bantal. Menjelang umur 8 bln ketika didudukkan sudah benar-benar kuat dan stabil. Saya coba pancing untuk merangkak dengan meletakkan mainan agak jauh didepannya sewaktu duduk tapi malah “nyosop’. Mungkin dia belum kuat mengangkat pantatnya. Tapi kalau diangkat kakinya lurus minta berdiri. KAlau dipegang ketiaknya dia sudah bisa menopang badannya sendiri dgn kaki. Tapi saya berhaarap Aga merangkak dulu. Sampai sekarang saya masih menunggu Aga merangkak sambil terus melatihnya. Membaca cerita bunda zain yang bahkan melompai fase tengkurap, saya jadi optimis. Meskipun nanti Aga ngesot lalu jalan, saya tetap akan mengajarkanny merangkak dan optimis pasti bisa. Karena fase ini juga baik untuk perkembangan otaknya. Doanya ya bunda semua. semoga anak-anak kita tumbuh sehatselalu.

  21. Iya mba.. ttp optimis ya..
    Kta bidan ku..
    Gpp terlewati masa perkembangannya..
    Tp pasti si anak akan melewati nya mba.. insyaallah..
    Lagipula gak masalah kok telat tengkurep/merangkak yg penting baby nya sehat n lincah ya mba..
    N gak rewel…
    Hehehe..

    Btw aku share yaa..

  22. اَلْحَمْدُلِلّهِ رَبِّ العَا لَمِيْنَِ jdi agak tenang pas baca tulisan ummi zain krna aq jga gi bingung knpa alisya belum bisa duduk sendiri dan merangkak di usia 9 bulan pdahal anak tetangga aq usia segitu sudah belajar merambat mungkin krna anak aq lumayan ndut usia 9 bulan berat’y sudah 9 kilo lebih maklum ini pengalaman pertama aq jadi ibu jdi aq agak panik melihat perkembangan alisya.skrng aq jdi yakin alisya bakal melewati tahap tersebut tinggal tunggu wktu aja yg penting dya sehat dan lincah.

  23. Aga umur 9bln jg blm bs duduk sendiri bunda linda. Baru ini saja ketika umur 10bln dia bs duduk sdri. Lrg lbh 10,5bln. Sering2 dtengkurepkan saja. Nanti dua angkat2 bdnny..trus mundur2..trus angkat pantat..trus duduk deh. Tp ad jg yg duduk dr berbaring dgn cara spti situp gt. Ttp dstimulus&optimis aj bunda🙂

  24. alhamdulillah,, termotivasi sekali setelah bacanya ummi setelah sempat khawatir dibandingkan dengan anak2 tetangga seusianya yang udah bisa rambatan,, anak ku juga mau 9 bulan bisa nya baru tengkurap guling2 aja,, n didudukin (belum bisa duduk sendiri)… mudah2an anakku cepat belajar tahapan2 selanjutnya,, gimana cara stimulasi biar mau merangkak, duduk sendiri n rambatan ya ummi?

  25. kanaya 5m1w dari umur 2m2w klo ditengkurepin sudah bisa balik sendiri,,pas di usia 5m dy bs tengkurap dan guling2…saya khawatir karena dy tidak suka tengkurap dan alhamdulillah berkat membaca blog ummi saya yakin akan indah pada waktunya ^^

  26. Anakku sudah 9 bulan juga baru bisa tengkurap n guling2 di tempat tidur saja, berat badan cuma 7,4kg, tinggi 65cm..dokter bilang pertumbuhannya lambat, seharusnya beratnya sdh 8-9kg. ASIku cm 1bulan sj, selanjutnya susu formula, plus bubur instant sejak 2bulan atas anjuran neneknya…sampai sekarang belum diberi bubur tim olahan sendiri… anakku blm kuajar duduk karna ayahnya bilang tulangnya belum kuat…benarkah? ? ?

  27. Saya juga sedang menunggu keunikan putri saya ummi, sdh 7 bulan tapi cuma miring2 ga mau tengkurap. klo duduk disanderin bantal udah bisa sama sukanya diberdirikan,Alhamdulillah ketemu tulisan ummi jadi ternyata ada kasus yg mirip. Klo boleh tahu untuk finger foodnya dari apa dibikin ya ummi? karena blm punya gigi jadi khawatir tersedak, ternyata ga ya ummi? klo zain umur brp tumbuh giginya? thanks atas sharingnya ummi

  28. Masya Allah, bbrp ibu2 yg berkunjung & berkomentar di sini belum saya sapa, mohon maaf ya.
    Mama Danish: Dilatih terus ya ^__^
    Bunda Sari: 9bln sudah boleh diajarkan duduk, dilatih ya ^__^
    Umi Aini: Zain-ku MPSI-nya gak pake bubur-buburan, tapi pake buah potong. Tumbuh gigi umur 7-9bln, sy lupa.

    Terimakasih atas kunjungan & komentarnya di blog ini ya bu-ibu ^__^

  29. ya Allah ini blog membuat hati saya sangat lega… Setelah hampir 2 bulan searching dengan perasaan deg2an sampai stress karna baby aldist tanggal 18 april ini genap 6 bulan tapi belum mau tengkurap sendiri… Dimiringin, jampir tengkurap.. Balik lagi jadi baringan.. Ya Allah sampai stress hingga kesal karna byk yg nanya kok blum bisa tengkurap juga, padahal baby aldist g terlalu berat, cuma 6,9 kg di 5,5 bulan ini…
    Terimakasih byk ya ummi :*
    Saya jadi lega sekali…
    Salam kena
    Dri bandung

  30. Oh iya ummi… Aldist juga malah lebih terlihat senang diajak duduk dari pada diajar tengkurap..hihihihihiiii
    Ummi.. Waktu ngajarin zain duduk, awalnya digimanain dulu?
    Mohon sharenya ya ummi, biar ada gambaran….

  31. Mama Aldits terima kasih atas kunjungannya.
    Waktu umur 6 bln saatnya MPASI itukan makan harus sambil duduk, saya emang tidak membiasakan menyuapi anak sambil di gendong trus jalan2. Dari anak pertama juga pas MPASI harus duduk sendiri, kalo anak pertama umur 6bln memang sudah baik posisi duduknya.
    Kalo Zain krn belum tegak punggungnya jadi saat makan, punggungnya diganjel bantal, depannya meja pendek. Jadi umur 6bln sambil belajar makan sendiri sambil belajar duduk.

  32. Asalamualaikum umi zain..
    Setelah baca blog ini sedikit legaa.bellva tgl 8 mei 2014 udah mau 7bulan dia belum bisa tengkurap sendiri dan jika ditengkurapkan kepalanya nunduk ga mau ngangkat.padahal lehernya sudah kuatt ketika digendong atau duduk.kadang sedih kl ditanya udh bs tengkurep apa blm,saat ini anakku lbh seneng miring2 kl tidur,prnh dia kebablasan tengkurap sperti biasanya kepalanya ga ngangkat alhasil dia nangis2.tp saya semakin optimis insya allah ,karena benar kata umi setiap anak unik ga bisa disamakan.

  33. trimakasih ummi menjadi motivasi yg lemah jadi bangkit, anakku baru saja 4 bulan tapi maunya duduk dan berdiri dia senang sekali kalau di ajak berdiri sebenarnya saya takut dia maunya duduk karna saya takut tulang ekornya belum kuat, saya juga takut kalau maunya bediri kakinya belom kuat, BB dia mungkin terlalu berat sekarang anakku beratnya 7,5 kg ..
    Setiap bulan naiknya pesat sekali baru saja hari ini dia blajar miring” sendiri tapi selingan 10 detik dia celentang lagi :’D mudah”han anakku langsung jalan ga perlu tengkurep” hehe :’D

  34. Assalamu alaikum bunda
    pengalamannya hampir sama kaya anakku.
    Sekarang anakku umur 10bulan setengah,belum bisa merangkak ataupun bangun sendiri.
    Baru bisa tengkurap dan duduk,dudukpun masih dibantu tp alhamdulillah udah bisa mainan apa yg ad didepannya.
    Sebagai ibu jelas khawatir juga,dah minta dititah terus tp klo merambat belum berani. Apalagi kemaren atas saran orangtua,anakku tak bawa ketukang pijit trus katanya anakku kakinya kena lempungen (mitos orang desa gak bener apa gak)
    Padahal sidedek alhamdulillah sehat dr lahir smp sekarang jarang sakit,tp perkembangannya lelet banget.
    Ohya, sidedek namanya Salsa BBnya 8kg

  35. alhamdulillah… seneng banget nemu blog ini… bimo anakku 6m12d belum tengkurap sendiri.. padahal sering dilatih. sering di simulasi. tapi klo ditengkurapin, dia balik celentang lagi.. tapi kalo duduk di bouncer bangun2 terus kaya mau duduk sambil pegangan sama 2 sisi bouncer nya.. sempat khawatir, tapi sekarang akan lebih optimis lagi. anak2 yang UNIK akan segera bisa pada waktunya… insyaa Allah aamiin..

    terima kasih ya bunda zain karna udh share… berguna banget artikelnya😉😉

  36. Bunda Zain, bagaimana cara bunda melatih zein duduk sendiri dari posisi tidur, anak kami 10 bulan lebih belum bisa duduk sendiri dari posisi berbaring, tetapi sudah dapat duduk tanpa ditopang, suka sekali dititah dan sekarang sedang belajar merambat, terim kasih infonya

  37. Bunda Lisna: kurang lebih sama seperti yang bunda latihkan, dan pada waktunya nanti dia akan bisa bangun sendiri dari posisi tidur, insya Allah.

  38. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya, bunda inkakamdhani, bunda rahma, bunda sriyatun, bunda iin.

  39. Bunda Zain, anak ku sudah mau 5bulan belum bisa miring ataupun tengkurap. hati ini cemas melihat perkembangannya. sampai akhirnya saya bawa ke dokter spesialis anak. kadang suka merasa iri juga melihat anak2 seusianya yg sudah bisa tengkurap. ini anak pertamaku. lehernya juga belum kuat untuk tegak. setelah baca tulisan bunda ini, aku optimis dan akan berusaha melatih perkembangannya. terimakasih bunda zain.

  40. ankQ mizan skrg uda 4bln bb mlah 9,5kg dy blm bs mring sndri, kberatan pantat dy. kalo aq mringkan dy lgsg tgkurap bhkan kdang pantatx d angkat” tp cm dy blm bs miring sndiri, kdang khawatir tkt mizan g n0rmal cz pgalaman ank ptamaQ mnggal n tumbangx jg krng baik, mksh y ummi zain aq jd sdkt lega cz g cm mizan aj bunda” og lain juga merasakan

  41. Bunda Lilis, bunda Avrianesti, terima kasih sudah berkunjung ke blog saya, moga anak2 bunda sehat dan cerdas ya.

  42. bunda, kayaknya anak saya juga sama sekarang 7,5 bln sebenarnya bisa tengkurap tp mungkin gak suka tengkurap, dia lebih suka duduk dan berdiri. umur 6 bln jg udah bisa duduk tegak. sekarang lagi seneng2nya diberdiriin di tembok pdhl temen2 seusianya udah mulai merangkak. setiap bayi adalah UNIK saya pegang benar bunda. :))

  43. anak saya udah umur 4 bulan 1 minggu…iya itu uniknya dia gak mau tengkurap sendiri…saya agak khaawatir bunda,,,kalo tengkurapnya kelamaan dikit dia nangis,,,,berat badannya pun kmaren 5,7kg….temen sebayanya udah 7 kiloan…sempat sedih….tp setelah baca ini…saya jd optimis dan termotivasi….

  44. trima kasih bunda zein a/tulisannya, sy jd optimis. babyku skrg usianya 10bl 7hr blm mau bangkit sendiri dr posisi berbaring, dia mau tengkurap sendiri pada umur 8 bln. tp untuk du2k dr usia 7bl sdh mau walaupun msh dibantu didu2kkan. saat ini dia jg blm merangkak atopun ngesot, tp sudah berguling2 dan merayap pakai perutnya walaupun hanya dlm jarak dekat. mhn doanya ya bunda2 semoga babyku diberikan normal tumbuh kembangnya amiin..

  45. Anak saya udah 4 bulan 5 hari, udah bisa tengkurep tapi miring2nya belum mau dan belum bisa, harus dimiringin dulu baru bisa tengkurep sendiri… baca artikel ini saya jdi optimis klo zafran bisa miring dan lngusng tengkurep sendiri… memang setiap anak itu unik, qta sebagai ibu harus optimis dan yakin bahwa anak qta pasti bisa dan pinter, jangan lupa selalu berdoa kepada Allah.. ^_^

  46. makasih bunda,,,,saya lega setelah baca tulisan bunda,,ank sya athaya hari ini 11 November 2014 tepat berumur 5 bln tp blm mau tengkurap sendiri,,,athaya lbh suka pd saat tiduran terlentang kepala dan kaki diangkat bersamaan seperti posisi mau duduk dan waktunya lumayan lama juga,,prnh sy hitung smpe 30 hitungan baru kepala ditidurkan lagi,,dl sblm athaya demam sering dia miring2 sndiri tp hbs athaya sembuh dia jarang sekali mau miring sndiri,,tp setiap hari dan sesering mungkin sy selalu stimulasi dia dia buat tengkurap,,sy miringkan sendiri langsung dia mau tengkurap..kalo sdh tengkurap dia senang sekali tp knp dia tdk mau tengkurap sendiri..sy juga cemas apakah ada pengaruh kalo ada anak tidak melewati masa tengkurap,,apakah itu berpengaruh pd tumbuh kembang anak….tp saya yakin cpt ato dkt athaya bisa tengkurap sendiri…..amin,,,,

  47. terimakasih bunda,,,,,kemarin sempet putus asa,,,tapi hari ini waktu membaca blog bunda n’ melihat koment bunda2 yang lain,, jadi semangat,,,n’ optimis lagi,, anak pertama saya Dzaka,,,udah 6 bulan, belum bisa tengkurap,,,kemarin sempet sedih,,,putus asa,,,mudah2an anak saya juga termasuk “UNIK”……tq.

  48. Seneng bs mengunjungi blok ini, sy pun seperti itu baby sy faiz udh 7 bln blm mau mju2 ata merangkak. Tp udah bs tengkurap di usia 3,5 bln. Sempat khawatir jg teman seusianya udah bs ngesot maju. Bc tulisan bunda2 di blok ini jd sedikit lebih tenang, penting sepertinya kita punya forum parenting bs buat sharing2. Selalu berpikir positif faiz pasti nt bs merangkak.:-)

  49. ummi mau nanya. Anaknya dulu lehernya kuat pas usia berapa bulan? Soalnya agak cemas karena anaknya saya sudah 3 bulan tapi lehernya belum kuat untuk menopang kepalanya sendiri. Jd klo di gendong duduk. Masi suka nunduk kepalanya.

  50. Bikin semangat baca ini…baby ku baru ja 5bulan..tp blm bs tengkurep sndiri..bru miring2 itupun krn dipancing..klo mw nyusu…kadang miring sebentar tes balik terlentang lagi…smntr teman2ny udah tengkurep..guling2..habis bc tulisan ini aq jd optimis suatu saat baby q pasti bisa tengkurep guling2 sndiri..duduk sendiri..merangkak dan berjalan..aamiin..makasih y mbak..semoga keluarga mbak sehat selalu aamiin

  51. anak saya udh mau 11 bulan bun,tapi belom bisa duduk sndri blm bsa merangkak dn klo d berdirikan suka ga mau suka nangis,aku suka cemas bgt bun,knp ya,,

  52. Subhanallah….. semua nya pasti akan indah pada waktunya….
    anakku 10 bulan juga belum bisa bangun untuk duduk sendiri, minta nya dibantu, gmn cara stimulasinya ya?
    minta nya berdiri sambil dipegangin….. sempat bingung juga tapi setelah baca artilel ini hati jadi tenang

  53. Alhamdulillah sy jmpe blog ni..anak sy pon smpi skrg xnk bgun dari bring. Dah 10 buln lebih..tp bile didudukkan mmg dah tegak..risau sgt sebab tak meniarap.mengereng je.tp sekarang lega juga baca blog ni.dn Alhamdulillah aktif.. Tetap sabar melihat anakku yang unik.

  54. Anak saya umur 10 bln belum bisa merangkak.. Tp pindah tempat geser2 sendiri seperti ngesot bisa.. Saya takut perkembangannya tdk Normal Umi.. Dia blm bisa bubling.. Trmsk anak yg diam seperti ayahnya.. Saya takut dia lambat bicara. Apa umi punya tips buat saya?

  55. anaku tengkurep aktif 5bulan.sekarang9bulan blm bs ngerangkak tp tengkurepY udh maju.gigi blm ada.malah duduk jg blm.tp ngocehnya masyaallah aktifY 

  56. Cerita diatas sama seperti yg anak sy alami, usianya sekarang ud 8 bulan tp belom bisa tengkurap sendiri, apalagi merangkak. kalo di stimulasi tengkurap tidak bisa lama dan selalu nangis, Tapi kalo duduk Dia sudah bisa tanpa di pegang pun sudah bisa duduk, sempat takut dan khawatir atas tumbuh kembang anak ku, tp setelah ak baca artikel ini ak rada tenang, memang semua anak itu unik perkembangan nya, dan sy percaya anak ku bisa walaupun agak lama perkembangan nya.. Its ok, mommy selalu ada buat mu nak, mommy akan terus latih kamu supaya bisa.. Thx sharing nya ^^

  57. Mba dulu mengajari duduk gmn? Ini anak saya umur mo 6bln udah bs tengkurep tp blm bs bolak balik dan merangkak. Memang perasaan khawatir kadang muncul dan terutama ketika omongan orang2. Tapi keyakinan saya sama seperti mba. Bahwa anak saya cerdas dan aktif. Mohon dibls ya mba. Makasih sblmnya

  58. Ummi ⌣»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̥̈̊Mα̍̍̊kα̍̍̊sı̣̣̣h✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶⌣ sudah berbagi cerita. Karna aku udh galau banget anakku belum mau tengkurap usia sekarang mau 6 bln krg 1 minggu. Apa harus periksa ke dokter anak??

  59. Sangat Terharu sekali membaca blog ini…Varo anak sy sudah 7 bulan. dia tdk bs tengkurap,lebih senang posisi duduk wlpn hrs di pegangin,,saya kerja dari pagi hingga sore sehingga anak sy dititip pada tetangga, memang q lihat dia lbh sering diayun, tp mau sy gak bs bertindak bnyk krn keadaan memaksakan sy hrs bekerja, terkadang varo mau sesekali telungkup dan jika ditelungkupkan dia wau sebentar menegakkan kepalanya, hbs itu jatuh lg n nangis..Varo sudah bisa pegang sendiri makanannya dan memasukkannya ke mulut, dia senang mengoceh dan sudah bisa bilang apa, papa atau terkadang dia mengoceh seperti kedengaran bernyanyi,,para bunda…cemas hati q, apakah perkembangan anak q normal??krn blm telungkup itu sementara bayi lain sudah bisa merangkak..kadang q nangis. tp q percaya pasti anak q bisa…

  60. Senangnya bisa nemu artikel ini, anak ku jga udah 6 bulan 2 hari, cuma bisa miring2 saja, pdhal udah diajari tengkurao sejak umur 2bulan, tp sampai skrng kayanya ga suka tengkurap, klu ditengkurapin jadinya nangissm pdhal lehernya udah kuat, tapi anak ku senangnya mau didukin terus, klu dibaringkan pasti dia udah angkat2 kepalanya mau duduk, sempat sedih karena usia 6 bulan belum bisa tengkurap, tp nemu artikel ini, jadinya agak lega. Aku yakin pasti si baby boy aku bisa melewati perkembangannya dengan baik
    Thanks ya bunda zain, udah jd ga worry lg nich, tp makin semangat untuk stimulasi my baby boy

  61. Tgl 11 bln ini ade kikan akan berumur 6 bln, tp blm bisa tengkurap, kl d tengkurepin udah bisa angkat kepala tp ga lama2, dan suka nangis kaya ga betah tengkurap… Tyt byk jg yg seperti ade kikan ya…
    Sekarang kaka zain bagaimana perkembangan nya?

  62. Pengalaman anak pertama sy umur 5 bulan udah bisa duduk dgn tangan bertumpu di depan. Klo umur 9bln tentunya lbh kuat.

  63. Itu bunda sudah melatihnya dgn bantuan, teruskan saja bun, klo sudah waktunya akan bisa

  64. Klo mau konsultasi baiknya ke klinik tumbuh kembang aja.
    Semoga normal2 aja, spt zain, walau tanpa melewati tengkurap dan merangkak.

  65. Zain tanpa telungkup dan merangkak tapi dia normal kok. semoga anak bunda pun demikian, normal.

  66. Walau tanpa melewati tengkurap dan merangkak, zain normal bun, skrg sudah 3,11 bulan. Cerewet, lincah, udah bisa bonceng kakaknya pake sepeda roda 2 + 2 roda kecil ^__^

  67. seneng baca artikel ini.. tp ummi zain.. ttp aj aq agk worry.. anakQ jg udh 4,5 blm bza tungkurep.. miring-miring aj jg udh jrng bngt.. kalo di miringin lngsng nyungsep tengkurep.. tp di ajak miring sndiri mlh terlentang lg.. agk sedih cie krna tmn-tmn sebayanya yg beda 2/3 minggu udh bisa tungkurep.. tp ad seneng&kaget’y.. soalnya anakQ kalo di ajak nyender duduk mksdnya di pangku mau nya ngangkat kepala&badan sprt mau duduk.. apa iy anakQ ga melalui fase tungkurep tp lngsng duduk?? kalo iy anakQ lngsng duduk.. aq mnta share ngajak anak untuk latihan fasih duduk gmn ummi??🙂 mksh.. wassalam.. salam kenal..

  68. Baru umur 4,5bln ya, ajari duduknya bersandar dulu di tumpukan bantal atau benda lain yg empuk. Klo msh jatuh ke samping, ganjel jg kiri kanannya pakai bantal. Klo sudah bisa menjaga keseimbangan tak perlu diganjel lg.

  69. Assalamualaikum, mau curhat nih… anak saya bulan ini tgl 16 okt kmrn udah 9 bulan beratnya 12kg tinngi 81 cm. tapi belum bisa merangkak dan duduk. saya membiasakan membantu untuk duduk tapi masih belum seimbang jatuh ke depan ato ke samping gitu. mudah2an segera bisa merangkak dan duduk….

  70. bunda..aku bersyukur bgt bisa baca blog ini..bbrp hari ini aku khawatir bgt,krn anak pertamaku udah 11bln lbh 1 minggu masi blm aktf tengkurap..
    Padahal dia wkt umur 3 bln udahh bs tengkurep sendiri. bhkn pas umur 1 bln udah bs bobo miring2 gt. umur 4 bln udah bs guling gulingan..meskipun ga sering.Tapi entah knp..pas umur 5 bln kesini..dia ga mau tengkurep,kl ditengkurepin nangis..persis ky Zain gt,kakinya aktif bgt kl tdr telentang suka bgt njejakin kakinya.Sy bingung n kwtr tumbuh kembangnya tdk normal.apalagi kl orangtua atau keluarga nanyain..mreka suka membanding bandingkan..makanya sy jg jadi tambah kwtr..
    Akhirnya sy putuskan menghub.bagian tumbuh kembang anak..insya Alloh 2 hr lagi mau janjian ketemu.oiya..anakku ni umur 11 bln..bb nya 11,3..alhamdulillah normal..maemnya jg gampang..sbnrnya dia duduknya jg sdh kuat..tp ya gt sama ky zain blm bs duduk sndiri..dr umur 6 bln si sdh sy dudukkan..dan skrg udah bs duduk lama.
    aku jg slalu bdoa sepwrti bunda zain..amg tumbuhkembang anakku normal..

    bgt..bgt njejak njejak..apalagi kl liat.. sesuatu yg menarik.tp ya gt paling mir kanananakku kiri..terus telentang lg.

  71. Assalamualaikum bund… Terimakasih udah ada blog ini,,, jadi gak cemes n stress lagi.. anak saya umur 5 bulan 3 hari dengan berat 7.2kg,, belum bisa tengkurap sendiri,, kalau dibantu baru bisa,, awalnya cemes n stress,,kenapa belum2 bisa jg,, takutnya gak normal.. setelah membaca blog ini… saya yakin,,, suatu hari anak saya pasti bisa tengkurap sendiri,, Mohon doanya ya bund,,,, semoga bisa cepet tengkurap kemudian dilanjutkan dengan tahap-tahap perkembangan bayi berikutnya
    Wass.🙂

  72. assalamu’alaikum bunda,,,
    My baby usia skrng 6 bln dh bisa miring badan tapi ntar balik berbaring lagi, tapi dia lebih suka titah daripada tengkurep. apa yang mesti saya lakukan?

  73. Halo mbak, anak saya umurnya mau enam bulan. Bbnya sekarang 7.8 kilo. Sampai sekarang belum bisa tengkurap. Balik miring bisa tapi nanti terbaring lagi. Memang anakku suka menghentakkan kakinya seakan kakinya kuat. Selain itu kalau pegang benda pun masih belum terlalu kuat. Kalau didudukkan kepalanya masih goyang-goyang. Apakah normal mbak? Saya khawatir sekali karena pengalaman pertama (anak pertama).

  74. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Ummi, salam kenal. Anak saya perempuan sudah 6 bln, belum juga bisa tengkurap sendiri. Kalaupun ditengkurepin, paling hanya bertahan 1-2 menit saja. Beratnya skrg 8,5kg, overweight sepertinya, hehehe.
    Baca cerita Ummi, kl Zain diajarkan duduk sebelum masuk MPasi, kl boleh tanya, bagaimana cara mengajarkannya Ummi? Anak saya blm bisa duduk jg, jd kl makan, pakai kursi yg sandarannya rendah. Mohon arahannya ya Ummi. Jazakillahu khair. Wassalam

  75. Bun, salam kenal ya.. anak saya jg besok 5 bulan belum mau tengkurap nih. Tapi dia seperti Zain, aktif suka menghentak2an kaki dan suka miring tp kembali ke posisi telentang. Galau sih krn kakak nya dulu 3bln sdh tengkurap. Btw, zain akhirnya bs tengkurap usia brp bun?

  76. Umi Azza: ikuti kemauan anaknya aja, dia maunya dititah ya titahlah.

    Michy: Normal, Bun semoga. Zain-ku skrg sudah 4,5th selama ini normal.

    Winda Fitriyani: Sudah benar Bun, ketika makan didudukan sambil bersandar, kanan kirinya jg diberi bantalan.

    Inge: Zain mau tengkurap usia 13bln, bun. Tapi usia 7 sudah bisa duduk kalo didudukin, lalu usia 11bln sudah bisa ngesot jauh.

  77. subhanallah umy zain, stlah baca pengalaman umy sya jadi optimis sma dede aira anakku, umurnya skrng sdh mau 1 thun tp blm mau merangkak n bangun sendiri untuk duduk, tp klw didudukny dibantu dy sdh bisa. dia mau nya berjalan dengan dititah dan berdiri berpegangan dikursi n lemari jg sdh bisa. tp syaingin skali melihat dy bangun sndri dri posisi berbaringnya untuk duduk, sya sangat menanti kan moment itu.

  78. Pingback: Optimis! Karena Setiap Bayi Itu Unik – Coretan Santi Ye

  79. Assalamu’alaikum. Slm knal bunda. Baby ku Khalil juga sdh mau 5 bulan blm tengkurap. Cuma miring”, tpi klo di tengkurapin sdh bisa angkat kpalanya. Suka menendang”, main tangan dll. Khawatir juga saya, krna anak tman” saya yg lahir belakangan sdh pada tengkurap. Kdang ada rasa iri, knp anak yg lahir belakangan sdh bisa tengkurap sdg babyku blm. tpi stlah bca ini, aku jdi optimis khalil ku pasti bisa tengkurap.

  80. Terima kasih bunda, setelah membaca ini aku yakin khalil ku pasti bisa tengkurap juga. Usianya kini menginjak 5 bln, blm tengkurap tpi sdh miring”.

  81. ummi, anak sya Hafidz skrg usia 7bulan dan belum mau tengkurap sndiri sama kyk cerita ummi diatas. Sya sempat mikir anak sya lambat krn dlu lahir usia 35week. Khawatir jg karena anak-anak seusianya bahkan ad yg sudah bisa merambat. Akhirnya sya jg ajarkan duduk dluan seperti yg ummi lakukan….sampai sblm baca tulisan ini saya masih khwatir ttg tumbuh kembang Hafidz. Setelah baca tulisan ini jadi optimis suatu hari nanti Hafidz pasti bisa tengkurap dan kasih kejutan ttg perkembangannya. Terimakasih ummi zain😀

  82. Makasih ummi, jadi optimis anak sya pasti jg bisa tengkurap saat waktunya nnti😀

  83. Makasih ya ummi udh bikin sy semangat dan positif lg krna anak sy udh 6 bulan tp blm mw tengkurap sendiri, kepalanya jg msh blm kuat kalau di gendong kdg msh hrs dipegang. Walaupun katanya kalau anak prematur memang agak telat (anakku prematur dgn bb 1950) tp stelah baca ini sy jd optimis anak sy pasti akan normal sperti anak2 yg lahir normal lainnya.
    Aamiin..

  84. Iya betul bunda,anak sy di usia 5bln blm bs miring,tp kl dibantu miring dia langsung bs tengkurap dan angkat2 pantat seperti mau posisi merangkak dn sdh bs dipangku bahkan sedikit duduk,cuma anehnya dia 5dk mau miring itu saja,mudah mudahan seiring bertambahnya bulan dn stimulasi dia bs miring….amin
    Semoga anak anak bunda selalu di beri kesehatan dan tumbuh kembang dengan baik

  85. Alhamdlillah senang sekali nemuin blog ini..ummi anak saya juga umur 11 bln belom bisa bangun sendiri untuk duduk tapi kalo di dudukin udh bisa dsn tegak malah di posisi duduk bisa muter sendiri ngambil mainan yag ada di depan nya jg udah bisa tapi anak saya g mrangkak suka nya jalan sambil di titah sukanya nendang nendang bola..ummi saya mau tanya bagaimana cara ummi mlatih zain agar bisa bangun dari posisi tidur ke duduk..mhon jawaban nya ummi

  86. assalammualaikum umi zain.salam kenal saya maminya Aurora.Masya Allah.ceritanya sangat menyegarkan hati.tapi saya mau bertanya.usia berapa bulan zain baru bisa kuat menopang berat tubuhnya saat diposisikan berdiri sambil ditopang oleh orang dewasa di bagian ketiak ya umm?soalnya aurora sudah usia 9bulan pas hari ini tapi kalo diberdirikan kakinya masih diangkat dan terkulai.tapi sudah ada sedikit2 kakinya mendorong ke lantai tp hanya beberapa detik doang.boleh minta jawabannya.kalo tengkurap sudah kuat dorong/angkat badannya.sudah bisa duduk dri telentang.tapi tidak merangkak.duduk tanpa disanggah sudah kuat dri 7bulan.makasih ummi zain.

  87. Sama kaya anak ketigaku juga, sudah menginjak 4 bulan, tapi dia paling nggak mau ditengkurapin. Tidak seperti kakaknya yg paling suka tidur dalam posisi tengkurap, yg ketiga ini sama sekali nggak mau.

  88. Alhamdulillah…sdkt lega stlh baca postingan ummi Zain. Anakku Adeeva skrg usia 9 bln jg blm mau tengkurap sdri. Kl dilatih tengkurep jdnya bete n akhirnya nangis. Tp dia udah bs duduk sendiri kl didudukin. Sempat cemas kl liat tmn sebayanya udah sesuai thp perkembangannya, tp jg optimis suatu saat dia pasti bs tengkurep krn kl dududukin posisi bs tegak gk lunglai. Smg Adeevaku normal tumbuh kembangnya. Amiin..

  89. Sama percis dgn anak keduaku skrng.. usia 9 lbh blm bisa bngun sndri Dr tdur berbaring.. Tp duduk n ngeshot bisa.. Sdh Pinter.. Trimakasih mba..mnjdkanku smngt lgi..

  90. BabyQ nama nya arra.. skrg umur 11,5bulan. Belum bisa bangun sndr dr tidur. Tengkurap bolak balik sudah aktif dr umur 4bulan. Setelah itu cm mundur2 aj. Belum bisa duduk sndr. maupun merangkak.Tp kalo d dudukin sudah tahan lama . Aktif bgt titah.. sukaa bgt d titah. aku juga manantikan saat dedez arra bisa bangun sndr dr posisi tidur nyaaa… kamu pasti bisa nakkkkk…..amin

  91. Sama persis dengan anak saya yang kedua sekarang umurnya 11 bulan belum bisa bangun sendiri dan kalo di dudukkan ngesot berjalan di titah juga sudah pandai . Tadi kata kakak anaknya bisa di ajari bangun pada usia 13 bln bagaimana caranya mengajarkan agar anak bisa bangun sendiri karena saya bingung anak saya g mau di ajari bangun sendiri tiap di ajari malah nangis jadi g tega , mohon bantuannya terimakasih

  92. Mirip kisahku smpe skrng 7bln gk mau tengkurep tp duduk dgn bntuan bukan dgn duduk sndiri melalui tengkurap,suka galo liat ank lain udh bsa merangkak

  93. Makasih umii zain membaca blog ini saya juga mau optimis ajalah…anakq juga spt lambat berkembang usia 9 bln nlm tengkurap tapii dia gak pernah sakit..smoga nantii bsa spt yg saya harapkan..aku kira hanay anakq saja..tetnyata banyak tmannya..

  94. terima kasih umi setelah membaca artikel umi jd lega soalnya anakku sudah mau 6bln blm bisa tengkurep sendiri

  95. Setelah baca ini jadi termotivasi… Karna hampir mirip yang dialami anak saya,, sekarang usia 9,5 bulan belum bisa bangun untuk duduk sendiri dari posisi berbaring atau tengkurap.. Sempat khawatir karna anak2 diusianya sudah bisa melakukan itu,, tapi setelah baca blognya dan komen2 bunda2 disini,, hati saya menjadi lebih tenang,, terima kasih,, semakin semangat menantikan perkembangan dan pertumbuhan si kecil.. Karna tiap hari selalu saja ada hal baru yang dia lakukan…. 😁😁😁

  96. Ini nih yg lg aku search d google. Tread ny mirip bngt anakku udah 5 bulan cm miring hampir tengkurap , jrg sekali bisa tengkuraap sndiri😦 .. tp dr baru lahir tenaga ny kuat kepala udah kuat , klo tidur pun suka hentak2 kaki sampai ngangkat badan ny .. Bb jg bisa d bilang kecil dia lbh seneng d dudukin dr pd tengkurap klo tengkurp suka nngis .. Tp klo d dudukin kaki ny ngangkat badan sakit sndiri .. Posisi kaki lurus spt ingin berdiri .. Boleh dong bun tips ny biar cpt duduk sndiri soal ny klo untuk duduk keala ny masih bersandar

  97. Saya gak pake trik khusus kok bun. Biasa aja dilatih duduk, nanti jg bisa tegak. Pas mpasi usahakan duduk makannya jangan digendong.

  98. Jadi inget anakku, sekarang 12 bln. Udah bisa berdiri. Waktu usia 6,7,8,9,10 dia belum juga bisa tengkurap 😃 (belum bisa bangun sendiri dari posisi terlentangnya) Pusing deh saya. Usia 7bln saya ke dokter fisioterapi di hermina, dicek ga ada masalah sama tulangnya, normal, hanya kurang stimulasi aja. Dikasih jadwal buat terapi seminggu sekali di klinik tumbuh kembang (hermina ciputat) baru 2 kali diterapi saya ga mau dateng lagi. Hmmm soalnya diterapi selama 50mnt anak saya nangis terus. Habis terapi pasti sakit. Stress sepertinya. Suami saya bilang jaga mentalnya aja, bikin supaya dia bahagia terus. Nanti perkembangan motoriknya terkejar karena anakknya happy. Ibunya juga jgn stress, biar aja anak org lain udah bisa ini itu. Oke ibunya tutup mata dari perkembangan normal bayi. Jadi berhenti terapi. Saya, suami dan neneknya semangat buat ngasih stimulasi dirumah. Usia 8 bln dia udah bisa didudukin. Trus dilatih buat merangkak, akhirnya bisa lancar merangkak pas 9 bln. 10 bulan bisa manjat2, 11 bulan merambat… daaaannnn 11 bulan dia bangun dari tidurnya horeeee… jadi gak usah galau bunda… yang perlu dilakukan adalah memberikan stimulasi dan bikin si bayi happy.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s