Rolade Ikan Dory

pizap.com13513269617651Mumpung ke Car*four, sekalian beli fillet ikan Dory, daging ikan yang lembuuut banget, cocok deh buat makanan bayi saya.

Sebelum diolah, saya pikir dulu….”hmmm dibuat apa ya biar jadi finger food? agar bayi saya mudah makan sendiri ala BLW (Baby Led Weaning) gitu. Dan dalam 1 masakan lengkap ada protein, sayuran dan karbohidratnya.

Tringngng….yup dibuat rolade aja.

Taraaa….ini dia Rolade Ikan Dory, yang rasanya guriiiih & lembut.

Ini gurih asli ikan loh, bukan karena tambahan vetsin atau penyedap instan yang mengandung MSG. Ikan itu kalau sudah kena garam sedikit aja tambah gurih apalagi ditambah rempah-rempah lainnya, setujuuu?

Dan ternyata bayi saya sukaaa rolade ini.

Walau lembut tapi tidak mudah hancur saat dipegang.

Mau resepnya?

Bahan:

1 kemasan fillet ikan Dory (yang saya beli 260gr), potong-potong

2 buah kentang kukus, potong-potong.

1 buah wortel kukus untuk diselipkan di dalam adonan ikan (yang saya pake kekecilan tuh)

3 sdm tapioka

1 buah wortel, potong kecil

1 tangkai seledri, iris kasar

1 tangkai daun bawang, iris kasar

3 siung bawang merah, cincang halus (kalau ada, bawang bombay aja)

1 siung bawang putih, cincang halus.

gula, garam, merica bubuk, pala bubuk secukupnya (maaf gak pakai takaran coz saya biasa main cemplung-cemplung aja, dikira-kira he..he..)

Cara:

1. Masukkan semua bahan (kecuali wortel kukus, sisihkan dulu) ke dalam food processor (blender untuk daging), proses sampai halus.

2. Keluarkan adonan dan bungkus dengan daun pisang atau plastik makanan tahan panas, isi dengan wortel kukus.

3. Kukus kurleb 10 menit.

4. Setelah hilang uap panasnya, potong-potong.

5. Sajikan.

Selamat mencoba, jangan lupa sertakan sumber resepnya ya kalau resep ini dicopas atau dipublikasikan

Leave a Reply

