Teknik Vertikultur di Halaman Rumah

“Setiap muslim yang menanam suatu tanaman atau suatu tumbuhan, kemudian tanamannya itu dimakan oleh burung, manusia atau hewan, maka itu akan menjadi sadaqah baginya.” [Hadits ini diriwayatkan oleh Al Bukhari)

*MasyaAllaah, hadits yang memotivasi saya untuk bertanam*

Dua pekan lalu saya berkunjung ke Organic Green Expo di Tebet Green Mall, Jakarta. Di salah satu stand memajang tanaman sayuran yang ditanam di paralon talang air secara bertingkat dan sejak saat itu saya mengenal istilah Vertikultur.

Waah, cocok sekali nih untuk bertanam sayuran organik di halaman rumah, pikir saya sambil membayangkan rumah impian berhiaskan hijaunya tanaman organik.

Pulang dari expo, saya browsing di internet tentang vertikultur dan sedikit-sedikit saya pelajari.

Vertikultur adalah teknik budi daya pertanian yang dilakukan secara vertikal atau bertingkat. Sistem ini cocok diterapkan di lahan-lahan sempit atau di pekarangan rumah. Teknik seperti ini biasanya untuk membudidayakan tanaman semusim atau berumur pendek, seperti sayuran. Aneka sayuran yang dapat ditanam antara lain seledri, selada, kangkung, bayam, kemangi, sawi, caisim atau kailan. Pohon cabai, tomat, atau terong, juga mudah sekali tumbuh dengan cara ini. Jenis tanaman obat-obatan atau tanaman hias pun layak untuk dicoba.(krisdinar.wordpress.com)

Hasil browsing, saya pun mendapatkan gambar-gambar yang menakjubkan. Yuk lihat kebunku penuh dengan sayur & buah (*mimpi* dulu ah) ^_^

krisdinar.wordpress.com

famorganic.com

krisdinar.wordpress.com

famorganic.com

famorganic.com

 

Nah, bertanam sayuran tidak harus di kebun yang luas kan, di halaman rumah pun bisa. Jadi kita bisa menikmati semangkuk salad sayuran yang bebas pestisida dan hormon pertumbuhan hasil kebun sendiri. Hmmm membayangkan semangkuk salad sayuran siram yogurt.

Selain mendapatkan sayuran dan herbal yang sehat dan dapat menghemat budget sayuran organik yang mahal, juga memberikan nilai estetika yang alami.

 

 

 

 

One thought on “Teknik Vertikultur di Halaman Rumah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s