Donat Kentang & Donat Ubi

pizap.com13506239202181Buat donat dari resep dasar yang sama jadil donat kentang & donat ubi.

Resep copas dari grup FB Pak Wied Harry A. https://www.facebook.com/groups/172601936151172/doc/190143981063634/

BAHAN:

250 g tepung terigu protein tinggi, contoh cap Cakra Kembar

1 sdm rata gula pasir

1 sdm rata (1/2 bungkus) ragi instan

250 g kentang kukus sudah dilumatkan (gunakan hand blender atau grinder)

1 butir kecil (50 g) telur, kocok dengan garpu hingga rata

3 sdm (50 ml) minyak goreng

50 g tepung terigu, untuk taburan (gunakan seperlunya, tidak perlu digunakan semua)

1.000 ml minyak goreng, untuk menggoreng donat

TOPPING:

50 g gula bubuk, campur dg 50 g tepung maizena disangrai

50 g mentega/minyak zaitun extra virgin

50 g kismis/sultana, potong 2-4 (tergantung ukuran)

50 g almon/kenari iris panggang atau kacang tanah panggang/sangrai dicincang kasar

CARA MEMBUAT:

1. Campur tepung terigu, gula pasir, dan ragi. Aduk hingga rata. Tambahkan kentang kukus lumat, uleni hingga rata. Masukkan telur, uleni hingga rata. Tambahkan minyak goreng, uleni hingga rata.

2. Bulatkan seluruh adonan, tempatkan dalam wadah menguleni. Tutup dengan serbet, tempatkan di dapur atau ruangan lain yang hangat (agar adonan lebih mudah mengembang). Diamkan 30 menit.

3. Olesi tangan dengan tepung terigu agar tidak lengket. Kempiskan adonan, bagi 12-15. Bulatkan masing-masing, buat bentuk cincin khas donat (bundar lubang tengah). Taruh adonan dalam baki/nampan atau piring besar yang sudah ditaburi sedikit tepung terigu. Kerjakan hingga seluruh adonan habis.

4. Diamkan 3-5 menit.

5. Panaskan minyak goreng di atas api kecil. Goreng donat terendam dalam minyak goreng hingga kecokelatan, dengan satu kali saja membalikkan donat. Angkat, tiriskan.

6. Setelah donat dingin, lapisi 1/2 bagian jumlah donat goreng dg campuran gula bubuk. Sementara itu, terbarkan merata kismis/sultana dan almon/kenari/kacang tanah di dalam baki/nampan. Olesi salah satu sisi dari sisa donat dg mentega/minyak zaitun extra virgin, tempelkan bagian yang diolesi ke atas tebaran bahan topping di atas baki/nampan hingga menempel.

7. Sajikan.

TIP KULINER:

* Untuk menggoreng, gunakan hanya api kecil sejak awal, agar donat permukaan donat kuning kecokelatan dan mulus, tidak gosong. Jangan menyalakan api sedang di awal memanaskan minyak goreng, kemudian mengecilkannya ketika akan menggoreng donat. Cara ini justru membuat donat lebih mudah gosong, karena panas terlalu tinggi dan tidak stabil.

* Uleni adonan hingga kalis (tidak melekat di tangan maupun wadah), agar proses fermentasi/pengembangan adonan dapat berjalan baik, sehingga adonan empuk.

* Setelah donat dibentuk (beres step 3), jangan didiamkan terlalu lama, agar teksturnya tetap stabil dan empuk. Jika terlalu lama didiamkan, tekstur donat akan rusak (ketika digoreng, ‘serat-seratnya’ akan layu dan donat kempot).

TIP KHUSUS:

Resep ini menggunakan kentang tes (jenis kentang french fries yang bertekstur garing renyah jika digoreng dan memiliki kadar air lebih rendah daripada kentang pada umumnya). Karena itu, jika Anda menggunakan kentang biasa (kentang sayur), sebaiknya hati-hati dengan takaran cairan – terutama telur. Lebih baik campurkan dulu 1/2 bagian telur kocok, uleni hingga kalis. Jika masih memungkinkan ditambahkan cairan, tambahkan sisa telur kocok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s